AlfanLA

~ Perfectionist but Flexible ~

Converting "LOVE" Into Computer Code

Komputer Terkecil di Dunia, Versi Mini Raspberry-Pi

Tulisan saya sebelumnya tentang Komputer Termurah dan Terkecil tampaknya harus tergantikan oleh perangkat yang satu ini. Memperkenalkan, Odroid-W - perangkat super mini sekaligus perangkat komputer pertama yang kompatibel dengan semua software Raspberry-Pi. Berawal dari keinginan saya untuk memiliki sebuah komputer yang kecil dan mudah dibawa serta hemat daya listrik, akhirnya saya googling tentang Single Board Computer alias SBC berbasis processor ARM. Dan tidak mengejutkan, hasil pencarian rata-rata merujuk pada SBC paling terkenal, Raspberry-Pi. Saya berpikir untuk langsung membeli saja Raspberry-Pi, di Indonesia juga sudah cukup banyak seller yang menjual macam-macam model Raspberry-Pi.

Kesabaran membuahkan hasil, setelah selisih sehari pencarian tentang SBC ini terselip sebuah artikel tentang Odroid-W. Setelah baca sekilas tentang Odroid-W, tampaknya saya langsung jatuh hati kepadanya pada pandangan pertama, apalagi dengan harga yang cukup menggoda, 30 dolar (hampir sama dengan Raspberry-Pi). Berlanjut googling mencari seller di Indonesia yang menjual Odroid-W ini dan hasilnya nihil. Akhirnya saya memutuskan untuk membeli secara online dan langsung ke produsen Odroid, Hardkernel.

Kenapa Odroid-W?

  • Alasan utamanya adalah ukuran yang hanya 60 x 36 x 7mm saja, sebuah komputer terkecil di dunia yang saya tahu.
  • Spesifikasi hardware mirip dengan Raspberry-Pi B+.
  • Fitur yang lengkap seperti RTC, battery support, dan ADC.
  • Kompatibel dengan software Raspberry-Pi (dan mungkin modul-modul hardware juga).
  • Codec untuk memutar video "work out of the box", tidak seperti Raspberry-Pi yang harus membeli terlebih dahulu di website Raspberry-Pi.
  • Harga yang begitu affordable, bisa mendapatkan sebuah komputer mungil dan portable berbasis Linux yang lengkap.
  • Kompatibel dengan kamera RPi 15-pin dan kompatibel dengan 26-pin yang dimiliki RPi.
  • Memiliki konsep wearable DIY (Do-it-Yourself).

Beli Odroid-W

Saya membeli Odroid-W langsung ke Hardkernel menggunakan metode pembayaran PayPal. Toko yang dimiliki Hardkernel untuk menjual produk-produk Odroid-nya sangat mudah sekali digunakan. Untuk ongkos kirim dari Korea Selatan ke Indonesia sebesar 9 dolar menggunakan jasa pengiriman EMS (include tracking number). Meskipun basis lokasinya di luar negeri sana, pelayanannya cepat dan paket saya tiba di Indonesia pas 2 minggu, dengan keadaan selamat dan berfungsi dengan baik.

Gambar dan Video Odroid-W

Odroid-W

 

Mati Sebelum Berkembang

Namun ada yang perlu disayangkan, Hardkernel selaku pembuat Odroid-W secara mengejutkan membuat keputusan untuk menghentikan produksi Odroid-W ini ke depannya. Alasannya sangat tidak jelas, di beberapa forum luar negeri banyak yang menyebutkan kalau ada campur tangan dari Raspberry-Pi Foundation ke produsen chip Broadcom selaku penyuplai processor BCM2835 (processor di Raspberry-Pi dan Odroid-W), karena dikhawatirkan akan membunuh Raspberry-Pi. Berikut pengumuman resmi dari Hardkernel:

Not recommended for new designs. Broadcom will not supply the SoC to Hardkernel. When the first trial batch is sold out, you can’t buy the ODROID-W anymore. Sorry for the inconvenience.

Hardkernel