AlfanLA

~ Perfectionist but Flexible ~

Converting "LOVE" Into Computer Code

Review Doval (Dual Oval) Chainring - Gear 20T dan 32T

Masih dengan semangat upgrade sepeda kesayangan setelah kembali ke dunia persepedaan. Sebenarnya upgrade kali ini karena ketidak-sengajaan saya waktu sedang membaca-baca tentang rasio gir. Saat browsing tersebutlah saya menemukan forum yang membahas tentang oval chainring. Saya sangat tertarik sekali untuk mencoba menggunakan jenis chainring model ini. Ternyata ada banyak produsen-produsen yang memproduksi jenis oval chainring ini seperti Absolute Black, Osymetric, Rotor Q-Rings, Ridea, Doval, dan gosip terbaru yang ikut meramaikan adalah Wolftooth.

Read More

Upgrade Sepeda dan Review Gear 42T (Sprocket 9sp Rasa 11sp)

Setelah cuti dari dunia persepedaan selama kurang lebih 1 tahun, sepertinya sudah waktunya untuk kembali turun gunung naik gunung. Mungkin ini waktu yang tepat juga untuk upgrade beberapa part sepeda Thrill Agent TR 3.0 2011 untuk yang pertama kali. Membicarakan upgrade parts sepeda memang tidak ada habisnya, upgrade memang hal yang menyenangkan jika memang bersepada adalah suatu hobi. Saya harus pintar-pintar memilih komponen yang akan saya upgrade karena anggaran yang terbatas. Memprioritaskan bagian yang mampu mendongkrak dari sisi kenyamanan dan performa gowes saat uphill.

Read More

Komputer Quad Core Murah, Harga $35 - Support Ubuntu/Android

Memperkenalkan, Odroid-C1 - Single Board Computer seukuran kartu kredit seperti Raspberry-Pi. Hardkernel melalui website resminya secara resmi merilis komputer mini ini tanggal 10 Desember kemarin (8 hari setelah saya order Odroid-W). Odroid-C1 dirancang sebagai pesaing serius Raspberry-Pi karena dijual dengan harga yang mirip, namun lebih powerful. Memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dari RPi, sebut saja prosesor quad core Amlogic ARM Cortex-A5 1.5Ghz + DDR3 1GB + GPU Mali 450 MP2 dan dibanderol hanya US$ 35! Bandingkan dengan Raspberry-Pi yang memiliki prosesor single core ARM11 700MHz + RAM 512MB (model B+).

Read More

Komputer Terkecil di Dunia, Versi Mini Raspberry-Pi

Tulisan saya sebelumnya tentang Komputer Termurah dan Terkecil tampaknya harus tergantikan oleh perangkat yang satu ini. Memperkenalkan, Odroid-W - perangkat super mini sekaligus perangkat komputer pertama yang kompatibel dengan semua software Raspberry-Pi. Berawal dari keinginan saya untuk memiliki sebuah komputer yang kecil dan mudah dibawa serta hemat daya listrik, akhirnya saya googling tentang Single Board Computer alias SBC berbasis processor ARM. Dan tidak mengejutkan, hasil pencarian rata-rata merujuk pada SBC paling terkenal, Raspberry-Pi. Saya berpikir untuk langsung membeli saja Raspberry-Pi, di Indonesia juga sudah cukup banyak seller yang menjual macam-macam model Raspberry-Pi.

Read More