AlfanLA

~ Perfectionist but Flexible ~

Converting "LOVE" Into Computer Code

Komputer Quad Core Murah, Harga $35 - Support Ubuntu/Android

Memperkenalkan, Odroid-C1 - Single Board Computer seukuran kartu kredit seperti Raspberry-Pi. Hardkernel melalui website resminya secara resmi merilis komputer mini ini tanggal 10 Desember kemarin (8 hari setelah saya order Odroid-W). Odroid-C1 dirancang sebagai pesaing serius Raspberry-Pi karena dijual dengan harga yang mirip, namun lebih powerful. Memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dari RPi, sebut saja prosesor quad core Amlogic ARM Cortex-A5 1.5Ghz + DDR3 1GB + GPU Mali 450 MP2 dan dibanderol hanya US$ 35! Bandingkan dengan Raspberry-Pi yang memiliki prosesor single core ARM11 700MHz + RAM 512MB (model B+).

Beli Odroid-C1

Layaknya Odroid-W, saya juga langsung jatuh cinta kepadanya pada pandangan pertama. Tidak menunggu lama, langsung saja saya order komputer ini di toko online-nya Odroid beserta case-nya seharga US$ 4.5. Untuk biaya pengiriman masih sama dengan Odroid-W, US$ 9. Tinggal menunggu barang sampai depan rumah deh :)

Kenapa Odroid-C1?

  • Alasan pertama adalah prosesor yang dipakai, quad core dan berarsitektur ARMv7.
  • Ukuran sebesar kartu kredit, 85 x 56mm.
  • Spesifikasi cukup gahar dan fitur yang menurut saya sangat lengkap (4 port USB + 1 port OTG + LAN + RTC + IR + ADC + dsb).
  • Harga yang hanya dibanderol 35 dolar saja.
  • Mendukung resolusi Full HD, 1920 x 1080px.
  • Alasan paling menggoda, dukungan OS Linux Ubuntu 14.04 dan Android KitKat!

Alasan Utama Untuk Memiliki Odroid-C1

Prosesor dengan arsitektur ARMv7 (banyak ditemui di smartphone masa kini) dan dukungan terhadap Android KitKat inilah yang menjadi alasan utama saya untuk membelinya. Odroid-C1 dapat membantu saya dalam men-develop aplikasi-aplikasi untuk Android.

More About Odroid-C1

Saya heran, Hardkernel sebagai produsen Odroid-C1 ini ambil royalti dari setiap penjualannya berapa ya? Kenapa bisa dibanderol dengan harga murah tapi memiliki performance yang cukup tinggi. Informasi detil tentang Odroid-C1 dan tes performance dapat dilihat di website Hardkernel.

Jika diperhatikan, Odroid sekarang memiliki 4 kategori untuk kelasnya. Kelas high-end diisi oleh seri Odroid-X, kelas menengah oleh seri Odroid-U, kelas low-end oleh seri Odroid-C, dan tidak lupa kelas micro oleh seri Odroid-W. Dan yang perlu dinantikan adalah kelahiran Odroid-W2, bisa saja generasi selanjutnya dari Odroid-W bakal menyematkan prosesor yang dipakai Odroid-C1, karena memiliki ukuran SoC yang sama!

Video Odroid-C1