AlfanLA

~ Perfectionist but Flexible ~

Converting "LOVE" Into Computer Code

The Go(ogle) Programming Language

Kemarin ketika berinternet, secara tidak sengaja menemukan sesuatu yang sangat menarik di halaman Google Developers bagian "App Engine". Saya menemukan link download bertuliskan "Google App Engine SDK for Go", dalam benak langsung terpikir "Apa itu Go? Apakah sebuah bahasa pemrograman baru?". Langsung cari di Google dan hasilnya "wow…", memang benar kalau Go adalah bahasa pemrograman baru.

Go Programming Language

Apa itu Go?

Go adalah bahasa pemrograman yang mudah, sederhana, handal, efisien, dan tentu saja open source. Sebuah bahasa pemrograman yang dibutuhkan oleh dunia modern saat ini. Dibangun oleh raksasa internet Google dan diperkenalkan pertama kali pada bulan Nopember 2009. Tujuan bahasa pemrograman Go adalah:

  1. Aman (type-safe dan memory-safe),
  2. Baik dalam dukungan konkurensi dan komunikasi,
  3. Cepat dalam kompilasi,
  4. Efisien (mendekati kinerja bahasa pemrograman C dalam hal pembagian tugas CPU),
  5. Dirancang untuk perangkat keras modern (multicore, jaringan, dll),
  6. Perangkat lunak yang powerfull (seperti untuk sebuah web server),
  7. Menjadi sebuah bahasa pemrograman yang umum dipakai dalam pembuatan aplikasi.

Kelebihan bahasa pemrograman Go adalah open source. Inilah yang menjadi nilai plus dari bahasa pemrograman Go, semua pengembangan bersifat terbuka dan banyak kontributor-kontributor dari seluruh dunia untuk kemajuan bahasa pemrograman Go ini. Bulan Maret lalu, Google telah merilis versi pertama dari bahasa pemrograman Go. Go 1 tersedia untuk sistem operasi Linux, FreeBSD, Mac OS X, dan Windows.

Apakah bahasa pemrograman Go akan mendunia? Apakah bahasa pemrograman Go dapat bersaing dengan bahasa pemrograman yang saat ini sudah ada dan terkenal (seperti PHP, Java, C, VB, dll)? Hanya waktu yang akan menjawabnya. Menurut saya pribadi, bahasa pemrograman Go ini mempunyai potensi yang besar karena didukung penuh oleh raksasa internet Google dan dukungan banyak kontributor-kontributor dari seluruh dunia.

Untuk lebih mengenal apa itu bahasa pemrograman Go, dapat dilihat pada website resminya di http://golang.org.