AlfanLA

~ Perfectionist but Flexible ~

Converting "LOVE" Into Computer Code

Ilmu, Bisnis Investasi Paling Amanah

Bagiku, investasi ilmu adalah investasi masa depan. Menghabiskan banyak uang hanya untuk ilmu adalah sebuah investasi dan salah satu yang memberikan keuntungan sangat besar, ilmulah yang selalu akan membayarmu kembali. Ilmu tidak harus ditempuh dengan pendidikan formal atau apa yang kita baca, tetapi ilmu adalah suatu kesempatan yang diberikan oleh Allah untuk kita agar menjadi tahu.

Saya teringat saat menempuh pendidikan sekolah dulu. Mendapatkan banyak nilai yang bisa dikatakan jelek, tidak pernah mendapatkan prestasi yang benar-benar memuaskan. Ya, saya dulu sangat jarang sekali belajar dan berpikir. Sejak saya menempuh kuliah, baru saya sadari bahwa ilmu bukanlah sebuah barang yang bisa kita dapatkan dengan instan, selalu membutuhkan proses dan waktu, untuk memilikinya kita harus menghadapi beratnya belajar, sulitnya berpikir dan menghafal. Orang yang tidak pernah merasakan pahitnya memperoleh ilmu, maka ia tidak akan mendapatkan manisnya buah ilmu.

Kita tidak akan sukses tanpa ilmu, dalam hal ini tentu saja adalah ilmu yang bermanfaat dan positif. Begitu kita mulai menginvestasikan harta untuk hal ini, kualitas hidup akan meningkat tajam. Ilmulah yang membuat kita melakukan tindakan-tindakan menuju kesuksesan.

Ilmu juga suatu amanah, kita punya tanggung jawab akan hal itu. Ilmu adalah amanah yang harus disampaikan dan merupakan investasi akhirat. Menurut ajaran agama, salah satu amal yang terus mengalirkan pahala ketika manusia sudah meninggal adalah ilmu yang bermanfaat. Berbagi ilmu adalah sebuah amal jariyah, amal yang selalu mengalir pahalanya.

Ilmulah yang membuat kita menjadi orang-orang yang amanah. Amanah dengan kewajiban kepada Allah, amanah dengan kewajiban kita kepada orang tua kita, dan amanah kepada semua amanah yang ada pada diri kita. Inilah yang mau saya jelaskan dengan amanah keilmuan, sebagai seorang yang berilmu atau masih menuntut ilmu, kita haruslah memanfaatkan ilmu kita dalam membawa perubahan dalam lingkungan kita menuju yang lebih baik.

Bisnis investasi paling amanah yang pernah ada adalah ilmu, dan ilmu adalah investasi, bukan biaya.